Minggu, 07 Juni 2009

PREDIKSI HARGA UNVR

created by:
Digo

Menurut prediksi saya, sebagai seorang pengamat pasar yang masih awam, harga saham PT Unilever Indonesia pada penutupan sesi ke dua akan mengalami kenaikan dari pada sesi pembukaan sebelumnya. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi ?
Ada beberapa hal yang menjadi faktor dari kenaikan harga saham tersebut. Pertama, adalah faktor dari eksternal secara makroekonomi Indonesia yaitu kecenderungan mayoritas saham di Indonesia yang mengalami kenaikan, terutama di sector perbankan dan juga pertambangan. Hal ini merupakan imbas dari hasil laporan ekonomi triwulan pertama Indonesia yang cukup baik yang menyebabkan banyaknya investor asing yang tertarik dan mengucurkan dana “hot money” mereka. Ketertarikan investor asing ini mungkin berdasarkan karena mereka melihat potensi perkembangan ekonomi (economic growth) Indonesia termasuk menjanjikan daripada negara - negara lain yang saat ini masih terkena imbas yang dahsyat dari krisis global.
Faktor yang kedua adalah, turunnya BI rate dari 7,25% menjadi 7%. Penurunan BI rate ini diharapkan dapat menyebabkan bunga bank menjadi turun sehingga banyak orang ataupun organisasi yang meminjam dana ke masyarakat. Penurunan BI rate ini nantinya dapat menyebabkan investasi dalam negeri dapat bertambah ( secara teori makroekonomi).
Penjabaran di atas adalah berdasarkan analisa berdasarkan situasi dan kondisi makroekonomi Indonesia dan juga global (dunia). Bagaimana berdasarkan analisa fundamental emiten itu sendiri ? PT Unilever Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang barang keperluan sehari – hari (daily goods). Perusahaan/ emiten yang bergerak di bidang ini memiliki karakteristik saham yang bergerak relative stabil ( tidak fluktuatif), berbeda dengan saham di bidang pertambangan (extraction) ataupun perbankan (banking) yang tiap harinya cenderung mengalami gejolak harga yang sangat tinggi. Selain dari sifatnya yang relative stabil, PT Unilever Indonesia yang bergerak di bidang kebutuhan sehari- hari pun tidak terlalu terpengaruh dengan imbas krisis global karena sudah memiliki pasar tersendiri di Indonesia.
Berdasarkan dari kriteria jenis saham PT Unilever Indonesia ( atau lebih dikenal dengan kode sahamnya yaitu UNVR), maka PT Unilever amat menggantungkan nasib perusahaannya kepada konsumen yaitu kalangan masyarakat luas. Karena bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dasar para konsumen maka Unilever bekerja dengan keras untuk mencapai target-targetnya. Berkat kerja kerasnya itu, Merek – merek dan produk – produk Unilever disenangi dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Terbukti dengan banyaknya produk Unilever yang meraih penghargaan dan sebagai produk – produk yang paling dipercaya oleh konsumen dalam pemilihan ICSA. Berkat penghargaan itu, dapat dipastikan penjualan dari Unilever dapat mengalami peningkatan. Hal ini juga tentunya akan menarik para investor unutk menanamkan sahamnya di sana karena pengaruh dari pendapatan dan juga kredibilitas perusahaan.
Bagaimana saham PT Unilever Indonesia secara teknikal ? Sempat diisukan dulu bahwa saham UNVR akan mengalami kenaikan hingga menembus Rp 9.000,00. Isu ini memang sempat termakan mentah – mentah oleh beberapa investor akibat dari kinerja Unilever sendiri yang cenderung bagus. Nyatanya, pergerakan harga Unilever tidak sedrastis itu ( Unilever tidak mengalami Rally). Karena menurut analisa teknikal, pergerakan harga Unilever tidaklah agresif.

Mari kita menengok chart (kurva) pergerakan saham Unilever dalam kurun 5 hari terakhir terhitung mulai tanggal 1 Juni 2009:


Terlihat jelas seperti dalam chart di atas bahwa pergerakan saham UNVR dalam beberapa waktu tidak mengalami pergerakan harga. Kalaupun ada pergerakan harga, pergerakan harga itu akan kembali turun ke poin sebelumnya, seperti dalam permainan ping – pong. Walaupun pergerakan selama masa bursa dibuka relatifstabil, yang paling menentukan dari saham UNVR adalah pada masa pre – open atau pra pembukaan. Dapat kita lihat dari sampel beberapa hari pergeseran harga saham UNVR pada masa pre-open mengalami fluktuasi yang amat tinggi.
Lantas, bagaimana cara memprediksi harga saham Unilever secara teknikal. Marilah kita kembali melihat pada char saham UNVR tapi dari sudut pandang waktu yang berbeda,
Apabila kita dapat menarik garis support dari titik terendah harga saham UNVR, maka kita dapat melihat bahwa harga sahamnya telah mencapai titik support. Ketika sudah mencapai titik ini, maka kita dihadapkan pada dua pilihan, yaitu buy atau sell. Berhubung saat ini bursa Indonesia sedang bergairah dan faktor perusahaan yang sedang bagus, seperti yang telah saya jabarkan sebelumnya, maka ada kecenderungan harga saham UNVR itu sendiri masih mengalami tren kenaikan.
Berapa kira-kira kisaran harga saham UNVR pada saat penutupan di hari Senin ? Memang agak sulit untuk dapat memprediksi harga saham ini ( Selain karena ilmu saya yang masih dangkal), namun, apabila melihat pergerakan harga saham UNVR pada hari Kamis dan awal Jumat dapat ditentukan setidaknya beberapa kemungkinan dari harga saham UNVR itu sendiri, yaitu tetap atau pun naik. Melihat pergerakan harga UNVR yang sekali bergerak tiap kelipatan Rp 50,00 maka saya pun memprediksi harga berkisar antara Rp 8.000,00 hingga Rp 8.100,00. Untuk lebih tepatnya, mungkin berada di harga Rp 8.100,00. Kenaikan harga saham UNVR tersebut selain daripada kondisi makro dan juga mikro juga berdasarkan pada mitos hari Senin. Memang hal ini terkesan seperti tidak masuk akal, akan tetapi ada kecenderungan bahwa di hari Senin biasanya harga saham memiliki kecenderungan naik karena disebabkan oleh (konon) katanya semangat hari Senin itu sendiri.
Jadi, demikianlah prediksi saya mengenai harga saham UNVR. Memang beberapa diantaranya tidak masuk akal, namun melihat kondisi perekonomian Indonesia saat ini dapat dipastikan bahwa harga saham UNVR itu akan mengalami kenaikan (kecuali terjadi sesuatu yang sangat berada di luar dugaan, seperti misalnya kantor Unilever mengalami kebakaran seperti pada kantor Bank BRI waktu itu.

2 komentar:

Si Beruang mengatakan...

kalo baca ini gw jadi ngakak liat kepolosan gw jaman dulu

Si Beruang mengatakan...

kalo liat ini lagi gw jadi ngakak