Selasa, 16 Desember 2008

Kenaikan Indeks Saham Asia

13/12/2008

Created by:

FINZ_XOX

With her analysis:

Indeks saham di Asia mulai mendapatkan angin segar setelah sekian lama mengalami koreksi terus menerus. Indeks Nikkei dan Hang Seng mulai bergerak naik, meskipun ada indeks saham di wilayah Asia yang masih stagnan ataupun terkoreksi.

Bursa saham Asia mulai membangun kekuatan dari keterpurukan dalam pekan lalu. Kebangkitan bursa saham Asia dimotori oleh pasar saham di Jepang. Kenaikan indeks Nikkei ini merupakan kenaikan yang spektakuler karena munculnya optimisme di kalangan pelaku pasar akan upaya sejumlah negara yang akan bersama-sama melakukan pemulihan pasar finansial global. Investor terpacu lagi untuk mengunmpulkan saham setelah sejumlah negara di dunia mengumumkan rencana penyelamatan finansial massal yang bernilai ratusan miliar dolar AS.

Sedangkan dari sisi internal, yaitu Indonesia, PT Bumi Resources tbk (BUMI) dan Group Astra tetap mendapat perhatian terbesar para pelaku pasar. Penguatan saham di kedua perusahaan ini memicu penguatan IHSG Indonesia. Volume perdagangan di lantai Bursa Efek Indonesia mengalami gairah, berdasarkan data yang penulis peroleh volumenya mencapai 4.749 miliar lembar saham atau senilai Rp3.234 triliun. Saham yang tercatat menguat sebanyak 87 saham, 56 saham melemah dan 68 saham pada posisi stagnan.

Kenaikan indeks di Asia masih dipengaruhi sentimen luar dengan kebijakan paket penyelamatan industri automotif di Amerika dengan bailoutnya. Selain itu, sektor keuangan merupakan sektor yang paling besar menggerakkan pasar dan pasar percaya bahwa akan banyak berita-berita bagus yang akan dirilis. Contoh berita baik yang didengar oleh pasar Asia adalah setelah mendengar menteri keuangan AS menyatakan akan memberikan bantuan bagi 2 perusahaan keuangan di AS yang terancam bangkrut. Bantuan tersebut senilai 12 triliun US dollar. Dua perusahaan keuangan tersebut adalah perusahaan berbasis pinjaman perumahan dan pemerintah AS menjamin hutang mereka dan mengurangi risiko sebagai akibat dari kerugian sektor kredit.

Tambahan lainnya adalah penurunan harga minyak mentah dunia akan memberikan sentimen yang positif. Penurunan harga minyak ini memberikan sedikit penurunan kekhawatiran akan inflasi yang sedang terjadi di pasar sehingga para pelaku pasar dapat bersemangat kembali. Memang pelaku pasar di bursa saham sangat sensitif dan karena itu apa yang mereka lakukan sering dijadikan patokan tentang persepsi dunia usaha terhadap perekonomian.

Seperti kita semua tahu bahwa kondisi pasar modal sangat rentan. Pasar modal sangat fluktuatif dan dinamis mengikuti segala perkembangan baik menyangkut politik, sosial dan sebagainya. Perubahan bisa datang setiap saat, dari menit ke menit. Untuk itu, kita perlu terus mencermati perkembangannya. Menjaga kepercayaan adalah penting bagi sebuah negara dan salah satu tolak ukur dengan melihat kinerja di pasar saham. Pada akhirnya, semoga penguatan indeks di Asia ini bukanlah penguatan yang basa basi dan tidak bersifat temporer sehingga perekonomian di seluruh negara dapa mulai membaik.

1 komentar:

Rayenomics mengatakan...

Hai hai...
Kasian amat ga ditanggapi...
Gimana neh vid? ma? ckckckck (sambil geleng2 kepala)
Hm, kalau tulisan ini adalah justifikasi penulis, maka analisanya mah sah2 saja. Bahkan, menurut gue juga bagus.
Maksud gue masalah minyak. MENURUT gue, harga minyak memiliki dua sisi. Di satu sisi, karena selama ini IHSG disokong oleh perusahan berbasis komoditas, maka jatuhnya harga minyak berimbas buruk bagi IHSG.
Di sisi lain, turunnya harga minyak (seperti yg ditulis) memiliki dampak terhadap daya beli. Permasalahannya, apakah "uang lebih" tadi dibelanjakan atau diinvestasikan? lalu "uang lebih" tadi dibelanjakan ke perusahaan yg listing atau non-listing? Hm...menarik seh...

Oiya, satu masukan. Hubungan antara political risk dengan volatilitas udah banyak yg bahas. hasilnya mah tetep sama. Tak ada hubungannya. tapi ga tau untuk kasus indonesia. Mau coba cari? :D

gue ada loh data bulanan political risk dari 1999-2006...sapa tahu tertarik...hehehe

semangat ya!